About Me

header ads

Outing Class di DPRD Blora, Siswa SMPN 1 Blora Belajar Demokrasi

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menerima kunjungan pelajar SMP Negeri 1 Blora, Jumat, (18/10/2024).

Kedatangan para siswa yang didampingi langsung oleh Kepala Sekolah dan sejumlah guru dalam rangka melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar sekolah (outing class).

Kepala SMP Negeri 1 Blora, Ainur Rofiq menyampaikan kunjungan ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai fungsi dan peran DPRD dalam pemerintahan daerah.

" Ini kegiatan project penguatan profil Pancasila dengan tema suara demokrasi. Untuk belajar demokrasi lebih dalam maka anak - anak diajak untuk outing clas, disamping mengundang tokoh - tokoh demokrasi," ungkap Rofiq.

Sebelumnya, lanjut Rofiq bahwa dirinya sudah mengundang Ketua KPU Blora dan Ketua Bawaslu Blora untuk menyampaikan materi di sekolah.

"Dan sekarang diajak outing clas menuju ke DPRD Blora untuk berjumpa dengan tokoh - tokoh politik untuk belajar tugas, fungsi DPRD dan proses bisa duduk menjadi DPRD sehingga anak - anak akan lebih paham tentang demokrasi dan politik." jelasnya.

Rofiq kembali menyampaikan bahwa ini hal luar biasa dan ini merupakan kunjungan untuk kedua kalinya di DPRD Blora.

"Disini penerimaannya sangat baik, baik dari staf, sekwan maupun dari pimpinan. Tadi sudah disampaikan pimpinan membuka gedung ini untuk belajar." imbuhnya.

Dirinya mengharapkan hal yang sama dapat dilakukan oleh sekolah - sekolah lainnya.

"Agar siswa bisa belajar langsung dan tidak hanya teori disekolah akan tetapi belajar langsung bersama tokoh - tokoh dan pelaku demokrasi." pungkas Rofiq.

Ketua DPRD Kabupaten Blora, Mustofa menyambut baik kehadiran guru dan pelajar SMP Negeri 1 Blora di Pendopo DPRD Blora.

"Kegiatan hari ini, bahwasanya DPRD Blora menerima kunjungan pelajar dari SMP Negeri 1 Blora berkaitan dengan proses pembelajaran berdemokrasi di DPRD." ungkap Mustofa 

Mustofa mengaku senang karena siswa yang hadir disini langsung praktek ke lapangan untuk mengetahui tugas dan fungsi DPRD.

Artinya, siswa tidak hanya proses pembelajaran lewat materi. Akan tetapi lagsung praktek. Ini merupakan ide yang bagus dari Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Blora.

"Dan kegiatan ini bisa kita terima dan jelaskan dengan baik tugas dan fungsi DPRD kepada pelajar." jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dihadapan ratusan pelajar kelas VII, Mustofa menjelaskan pentingnya peran legislatif dalam pengambilan keputusan yang berdampak pada masyarakat.

Terlihat, para pelajar pun diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai tugas, fungsi, peran DPRD Blora termasuk program-program pembangunan daerah.

Dengan penuh antusias, para pelajar mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapat mereka.

Menurut Mustofa, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemerintahan.

Pihaknya mengharapkan agar pendidik yang lain bisa meniru dari SMP Negeri 1 Blora agar kualitas siswa semakin lebih baik dalam berdemokrasi.

"Kita bisa terima secara menyeluruh dan senang hati, kaitannya siswa untuk bisa belajar disini. Ini warga Blora dan merupakan anak didik kita," tandas politisi PKB.(ms dhe)

Posting Komentar

0 Komentar